Souvenir Pernikahan

DAFTAR IKLAN ADWORDS

DAFTAR IKLAN ADWORDS

Antisipasi rumah tinggal di daerah banjir


Antisipasi rumah tinggal di daerah banjir  -  rumah hunian yang nyaman terhindar dari banjir  yang mengakibatkan adanya ketidaknyamanan si penghuni,  kondisi rumah akan lebih mudah rusak dan keropos jika terus menerus dilanda oleh banjir maka dari itu ada beberapa antisipasi rumah tinggal di daerah banjir  yaitu :

1.     Agar rumah bebas banjir
Pilih lokasi yang tepat dengan benar-benar mempertahankan lokasi tanah yang akan dibeli. Bagi yang ingin membeli rumah di pengembang, jangan terjebak iklan spanduk yang mencantumkan hunian bebas banjir. Tanyakan selengkap mungkin mengenai tanah yang akan dibeli. Tanya kepada penduduk asli. Perhatikan kantur (ketinggian tanah) di sekitar lokasi, dan sebagainya. 

 
Antisipasi rumah tinggal di daerah banjir
Antisipasi rumah tinggal di daerah banjir

2.    Membuat sumur resapan
Sumur resapan adalah solusi termurah dan tercepat yang dapat direalisasikan untuk mencegah banjir. Sumur resapan merupakan salah satu teknik untuk mengupulkan dan menyimpan air hujan. Dengan menampung air hujan, supai air tanah akan semakin besar dan bisa menambah jumlah cadangan. Membuat sumur resapan sesuai standar nasional indonesia berada pada lahan yang datar tidak pada tanah yang berlerang curam atau stabil, jauh dari tempat penimbunan sampah, saptictank (minimum 5 m dari fondasi bangunan, dan bentuknya bundar atau persegi empat disesuaikan selera.

3.      Memperhatikan cara membuat sumur resapan
 sebaiknya menggunakan bahan yang sifatnya tida larut dalam tanah, sebulan sebelum musim hujan, sumur harus diperiksa lebih dahulu untuk melihat ada timbunan kotoran atau tidak. Pelat beton pada sumur resapan bisa diganti juga dengan sumur ferocement setebal 10 cm. Dinding sumur bagian atas dapat menggunakan batu bata merah dan batako. Untuk itu, gunakan adukan pasir dan semen dengan perbandingan 4:1

4.      Penghijauan
Untuk menjadikan sebuah wilayah terdapat lokasi peresapan air, salah satunya ialah dengan membuat area hijau. Diadakannya area hijau merupakan sebuah upaya agar air hujan jatuh dan teresap ke area tersebut. Oleh karena itu, buatlah ruang terbuka hijau secara merata di tiap wilayah agar dapat meresap air dan tidak menyebabkan banjir.

5.      Memilih pohon untuk penghijauan
  •  Pilih yang berbatang besar dan tinggi.
  • Berpenampilan segar dan menarik
  • Berfungsi sebagai penyerap polusi
  • Berfungsi sebagai peneduh jalan
  • Bebas hama dan penyakit
  • Percabangannya kuat daunnya tidak mudah gugur
  • Tidak menimbulkan alergi
  • Perawatannya mudah
  • Tidak berbahaya

6.      Meninggikan lantai
Setiap orang yag tinggal di daerah rawan banjir dan sering terkena banjir pasti memiliki gagasan untuk meninggikan lantai rumahnya. Namun, cara tersebut dilakukan jika ketinggian banjir kurang dari 1 m. Meninggikan lantai pun perlu diperhatikan medianya, dapat menggunakan keramik juga dapat mengggunakan puing bekas bongkaran bangunan. 

7.      Menambah lantai rumah
Apabila banjir yang terjadi mencapai ketinggian 2 m atau lebih, tidak ada ajaln lain kecuali meningkat atau menambah satu lantai rumah (rumah bertingkat). Menambah lantai rumah tentu akan memerlukan biaya besar karena memerlukan perencanaan konstruksi bangunan bertingkat. Selain itu ada perubahan penggunaan lantai bawah. Perabot elektronik ditempatkan di lantai atas, termasuk lemari pakaian, leari buku, dan perabot penting lainnya yang berisi surat-surat penting. Instalasi listrik di bagian bawah dibuat menjadi grup tersendiri, terpisah dengan grup lantai atas. Begitu juga untuk pompa air, gunakan pompa yang berdaya sedot tinggi (jet pump). Letakkan jet pump di lantai atas sehingga tidak terendam air.

Demikikian tips Antisipasi rumah tinggal di daerah banjir  semoga bermafaat.

BELI RUMAH DI DEPOK JATIMULYA ECO TOWNHOUSE AJA MURAH !

0 Response to "Antisipasi rumah tinggal di daerah banjir "

Post a Comment